Tips Mengawali Hari Kerja

Awal minggu untuk memulai kerja menimbulkan perasaan malas luar biasa. Usai weekend hari Sabtu dan Minggu yang biasanya diisi dengan liburan atau istirahat yang menyenangkan harus berakhir. Tibalah hari Senin dimana kita harus kembali bekerja lagi. Jangan pernah memelihara rasa malas, karena malas adalah sesuatu banget yang tidak bisa ditolerir. Nah bagaimana cara agar mengatasi rasa malas mengawali hari kerja? Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu.

1. Siapkan Kebutuhan

Sebagai contoh, siapkan pakaian yang akan anda pakai untuk bekerja besok pagi di malam sebelum tidur. Jangan tergesa-gesa di pagi hari hanya untuk menyiapkan berbagai hal yang seharusnya bisa anda siapkan pada malam sebelumnya. Perasaan khawatir dan buru-buru akan menambah beban anda dan mengurangi mood untuk berangkat kerja. Hal ini tentu saja berlaku untuk semua kebutuhan kerja yang lain. Selain memberi perasaan tenang, menyiapkan kebutuhan juga dapat menghemat waktu di pagi hari sehingga anda bisa menikmati hari yang cerah dan berangkat kerja dengan senyum.

2. Kurangi Pekerjaan Di Hari Senin

Hal ini bisa anda lakukan dengan cara menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin di hari Jumat atau Sabtu. Jangan memberi terlalu banyak beban berat untuk hari Senin yang akan membuat anda semakin merasa malas. Saat jam pulang hari Jumat atau Sabtu tersebut, anda bisa melonggarkan sedikit waktu untuk sekedar merapikan pekerjaan atau menata kembali meja kerja anda. Pastikan semua berkas atau catatan penting berada ditempatnya. Coba anda ingat kembali kebutuhan yang mungkin diperlukan untuk hari Senin dan siapkan sebaik mungkin sebelum anda pulang untuk menikmati weekend.

3. Bangun Lebih Pagi

Jika anda tidak memiliki waktu lebih untuk menyiapkan berbagai hal untuk hari Senin, maka solusi terbaik adalah bangun lebih pagi. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan bangun lebih pagi di hari Senin atau mengawali hari kerja. Anda akan memiliki banyak waktu untuk persiapan ke kantor dan tingkat kesadaran otak meningkat. Tekanan serasa akan berkurang karena otak akan bekerja lebih tenang dengan waktu ekstra yang didapat serta mengurangi resiko keterlambatan sampai ke tempat kerja.

4. Kenakan Pakaian Terbaik Anda

Mengenakan pakaian kerja yang anda sukai dapat membuat mood dan semangat serta percaya diri meningkat. Tak hanya pakaian, tas, sepatu dan dasi pilihan juga dapat mendongkrak penampilan sekaligus memberi rasa nyaman saat berangkat kerja. Hal ini dengan sendirinya akan menghapus rasa malas dalam benak anda.

5. Manjakan Diri

Sebisa mungkin nikmati hari anda dengan hal positif yang tidak memakan banyak waktu. Memanjakan diri bisa anda lakukan saat melakukan aktivitas wajib di pagi hari sebelum berangkat kerja seperti mandi dan sarapan. Saat mandi anda bisa menggunakan sabun aromatherapy yang dapat mendorong mood. Dan saat
sarapan, usahakan makan makanan yang enak dan sehat. Jangan terlalu pelit dengan diri anda di hari Senin. Anda bisa melakukan penghematan di hari-hari lain selain hari Senin. Sedikit memanjakan diri di hari Senin pagi akan membuat hati anda merasa senang dan mengusir jauh-jauh rasa malas. Sesekali ajak juga teman atau saudara untuk sarapan ke resto atau tempat makan enak di kota anda sebelum berangkat kerja.

6. Jangan Banyak Mengeluh

Mengeluh tidak akan memberi perubahan apapun. Namun hanya akan membuat hari anda bertambah suram. Usahakan untuk menyemangati diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai anda meninggalkan rumah untuk bekerja dalam keadaan galau. Berpikirlah tentang hal-hal positif yang kemungkinan terjadi di kantor nanti. Seperti kemungkinan gaji anda naik 1000% atau anda akan dipromosikan oleh atasan anda, atau mungkin saja tiba-tiba anda mendapat bonus dari perusahaan karena datang lebih awal ditempat kerja. Semua mungkin terjadi. Hargailah hidup dan pekerjaan anda, karena tidak semua orang bisa memiliki apa yang anda punya saat ini.

7. Berangkat Bersama

Ajaklah teman atau pacar atau istri anda untuk berangkat kerja bersama. Untuk menghilangkan perasaan malas di hari Senin, anda bisa mengajak orang-orang yang anda sayangi mengawali hari. Selama perjalanan, lakukan perbincangan ringan seputar keluarga atau keadaan teman dekat atau mungkin masalah pekerjaan. Anda bisa sedikit bersenda gurau bersama mereka. Terkadang kita memerlukan orang lain untuk memberi semangat pada diri sendiri. Berangkat kerja bersama bisa membuat suasana lebih menyenangkan dan menghapus pikiran negatif. Seberat apapun pekerjaan dikantor, jika kita mengawalinya dengan pikiran positif dan menyenangkan maka akan terasa lebih ringan.


Sekian beberapa tips untuk mengatasi rasa malas dalam mengawali hari kerja di pagi hari. Mungkin anda memiliki cara tersendiri untuk hal ini. Selama hal tersebut tidak mengganggu waktu kerja anda atau tidak menyebabkan keterlambatan. Sebenarnya hanya kita sendiri yang mampu mengalahkan rasa malas yang sering timbul dengan sendirinya. Selamat menikmati hari anda !!


Category Article
Diberdayakan oleh Blogger.