Tips Menghadapi Ujian Di Tahun 2012

Sebelum Mulai Ujian

Ujian sekolah akan diselenggarakan sebentar lagi. Bagi para pelajar dan guru, bulan-bulan kedepan adalah masa-masa yang sibuk dan cukup menegangkan. Namun jangan sampai ujian akhir sekolah dianggap sebagai momok menakutkan, khususnya bagi para siswa. Untuk itu, tetaplah tenang dan pikiran harus tetap fokus, jangan terpengaruh dengan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian dari pelajaran dan materi sekolah. Sesekali bolehlah melepas penat, namun usahakan untuk tetap kembali pada tujuan awal belajar menguasai materi menghadapi ujian sekolah.

Agar terbiasa, mulai sekarang sering-seringlah berlatih untuk mengerjakan soal yang kemungkinan keluar di ujian nanti. Tidak ada salahnya mengikuti program-program tryout yang diselenggarakan oleh berbagai bimbingan belajar. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk mempersiapkan mental mengikuti ujian. Jangan pernah berpikir untuk nyontek atau berbuat curang saat ujian karena kerugian kita sendiri yang akan menanggung. Baik tryout maupun latihan soal disekolah sama-sama pentingnya. Jangan anggap remeh latihan soal dan penguasaan materi dikelas, karena dari sinilah ujian akhir itu dilaksanakan.

Sebenarnya ujian akhir sekolah itu hanyalah sebuah tes pengulangan apa yang sudah diterima selama belajar disekolah. Kalau para siswa bisa berpikir tenang dan fokus, semua soal dalam ujian akhir itu sebenarnya sudah pernah dibahas sebelumnya. Maka dari itu, jangan terlalu santai, tapi juga jangan berpikir terlalu keras. Biarkan otak kita bekerja dengan maksimal melalui cara berlatih soal dan penguasaan materi.

Jika terasa penat saat belajar, bolehlah sediakan sedikit waktu untuk sekedar me-refresh otak. Menyegarkan pikiran bisa dilakukan dengan pergi ke tempat yang luas atau tidak banyak yang menghalangi pandangan. Seperti ke pantai atau ke tempat yang agak tinggi. Bisa dilakukan bersama keluarga atau sendiri, yang perlu diingat adalah jangan sampai menghilangkan penat dengan cara bermain game atau melakukan sesuatu yang memerlukan kerja otak. Percuma saja kalau otak ingin istirahat tapi malah diajak berpikir lagi.

Satu lagi yang penting dalam persiapan menghadapi ujian akhir sekolah adalah dengan cara berolah raga dan beribadah. Dua hal ini bisa menjaga kondisi kita baik secara fisik maupun spiritual. Olah raga menjaga kondisi dan daya tahan tubuh tetap prima dan ibadah membantu menenangkan hati dan pikiran.

Saat Ujian Tiba

Pada malam hari sebelum ujian, usahakan untuk tidak mengambil materi yang terlalu berat. Momen ini sebaiknya digunakan untuk mengingat kembali materi yang telah dikuasai sebelumnya. Materi yang berat sebaiknya diselesaikan sebelum hari ujian tiba. Tetaplah yakin bahwa materi ujian telah cukup kita kuasai dan jangan lupa berdoa sebelum tidur.

Sebisa mungkin bangun tidur lebih awal dari biasanya, untuk sekedar mengulang kembali apa saja yang sudah kita pelajari hari-hari sebelumnya. Jangan terlalu lama melakukan ini karena sifatnya hanya untuk menyadarkan otak dan persiapan. Pergunakan energi dan pikiran secara maksimal nanti saat mengerjakan soal.

Sarapan pagi sangat penting. Jangan sampai berangkat untuk menempuh ujian dengan kondisi perut kosong. Kerja keras kalian selama berhari-hari bisa sia-sia kalau saat hari H kalian malah collaps atau kehabisan tenaga sehingga tidak bisa berpikir. Sebelum berangkat periksa juga kelengkapan ujian. Jangan sampai ada yang tertinggal, karena bisa membuat panik.

Saat menerima soal ujian usahakan kondisi tubuh dan otak dalam keadaan rileks. Jangan gugup atau nervous hanya karena bentuk soalnya yang amburadul atau karena banyaknya soal yang harus diselesaikan. Perhatikan dan baca baik-baik soal tersebut satu per satu dan coba selesaikan sebaik mungkin.

Kembali lagi doa menjadi sangat penting di saat-saat seperti ini. Ucapkanlah doa menurut keyakinan masing-masing sebelum mengerjakan. Terkadang hal ini bisa memberi kekuatan lebih pada diri kita.

Tiba saat mengerjakan soal, disinilah kita dituntut untuk memaksimalkan kinerja kita. Jangan terlalu terbebani dengan banyaknya soal yang sulit. Kerjakan yang mudah dulu baru kemudian tetap fokus untuk soal-soal yang sulit. Jangan pernah berpikir bahwa waktu yang diberikan sangat sedikit. Para pembuat soal tentu sudah memperkirakan soal waktu. Tidak mungkin mereka membuat satu soal yang memerlukan waktu lebih dari 15 menit untuk dikerjakan. Jika anda menguasai materinya maka proses pengerjaannya akan dapat mengalir dengan sendirinya.

Jangan lupa juga cek kelengkapan identitas setelah selesai mengerjakan semua soal. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menjadi masalah.

Usai Ujian

Membahas soal yang telah anda kerjakan tadi adalah sia-sia dan membuang waktu. Membahas soal ujian yang baru saja dikerjakan tidak akan merubah apapun. Toh kalau memang ada yang salah, anda tidak akan bisa merubahnya. Lebih baik mencurahkan pikiran untuk materi ujian selanjutnya.

Apapun hasil yang akan kita peroleh nanti adalah perwujudan hasil kerja kita selama ini. Jika kita yakin dengan apa yang baru saja kita kerjakan dan telah melakukannya secara maksimal, tentu saja hasilnya akan maksimal juga. Percaya akan kemampuan diri sendiri adalah lebih baik ketimbang mengandalkan orang lain.


Category Article
Diberdayakan oleh Blogger.